Duel Catur Di Podcast Deddy Corbuzier, Dewa Kipas Digosipin Warganet

Setelah itu, ia mulai rutin mengikuti pertandingan catur baik di dalam maupun luar negeri. Puncaknya adalah saat ia memperoleh gelar Grandmaster Nasional di Bandung tahun 1982. Lahir di Karo, 1 Januari 1961, GM Cerdas Barus justru mengenal catur saat ia pertama kali memainkan Satur Karo, permainan tradisional khas Karo yang mirip dengan catur konvensional. Irene mengaku sudah diajak ayahnya bermain catur di lapak-lapak sedari usia 8 tahun dengan durasi 4 jam sehari.

Tak terhitung prestasi catur dengan ditorehkan Irene mulai dari dari tahun 2002 hingga 2014. Beraneka ragam penghargaan juga diraih Irene sejak 2005 hingga 2009. Irene pernah menjadi atlet termuda dari seluruh cabang ketika utama menjadi anggota regu Indonesia untuk SEA Games Vietnam 2003. Tahun 2000 & 2004, Ruben tampil dalam dua Olimpiade Catur, yaitu dalam Istanbul, Turki & Calvia, Spanyol.

Dari 3 babak yang sudah biasa digelar, Ali cuma mampu meraih homo hasil remis. “Untuk pecatur kelas bumi, latihan itu mampu sampai 13 beker sehari. Sedangkan dalam Pelatnas, latihan rutinnya hanya maksimal 6 jam saja. Pecatur luar negeri saja memiliki jiwa kompeten yang konsisten, ” katanya.

catur indonesia

Guna bisa menjaga pejaka tersebut, Percasi puguh mengusung program guna menggalakkan kembali skak. Hal itu super potensial mengingat skak tergolong olahraga secara mudah dimainkan, gak mengenal tempat satwa tidak tergantung dalam waktu. Pertandingan Dewi Kipas vs Irene juga menjadi penanda penting bahwa pertentangan catur bisa diselenggarakan secara online & menarik minat warga, bahkan memikat sponsor dalam urusan pendanaan. Namun untuk gajah-gajahan sebagai cabang olahraga, dampak dari pokok Dewa Kipas itu tak akan instan.

Berbagai turnamen catur telah diselenggarakan untuk mencari bibit-bibit pecatur tangguh di masa mendatang. Adalah Ali Akbar yang mengawalinya terlebih dahulu lewat unggahannya di Facebook. Ali Akbar ternyata anak dari pemilik akun Dewa_Kipas alias Dadang Subur yang mengalahkan GothamChess.

“Jikalau Mas Deddy berkenan, mari luruskan hal itu agar tidak berimbas terlalu dalam untuk kami patriot-patriot gajah-gajahan Indonesia, ” merasuk tulisan dalam surah tersebut. Deddy otonom mengundang pemilik akun Dewa_Kipas, yakni Dadang Subur dan anaknya, Ali Akbar, ke podcastnya. Nah, bertambah dari sini, Irene mengirimkan surat terkuak kepada Deddy dengan meminta dirinya melepaskan informasi yang dingin. “Pertamanya otodidak terus ketemu teman dikasih buku teori. Kaum buku saya pelajari. Dari situ mulai dari tertarik catur, ” kata Dadang tatkala ditemui di kediamannya di bilangan Otto Iskandar Dinata, Metropolis Bandung, Jumat (19/3/2021). Levy Rozman dengan menggunakan akun GothamChess dikalahkan Dewa Kipas. Buntut dari tuduhan kecurangan ini, akun Dewa Kipas diblokir.

Maka itu, PB Percasi harus ambil momentum untuk memperkuat pembinaan catur nasional. Dewa Kipas menarik perhatian warganet Indonesia, usai akun tersebut ditutup chess. com. “Kejadian ini membuat kita sedih, dalam arti persoalan ini bisa melebar ke mana-mana, tapi tentunya ini sekaligus untuk mengedukasi semua pemain-pemain online, ” kata Eka. Namun, kingkong slot Eka juga mengaku prihatin dengan polemik di media sosial yang terjadi akibat keputusan penutupan akun Dewa Kipas oleh pengelola chess. com. Mengutip pemberitaan Antara, Grand Master Putri Irene Kharisma Sukandar berharap pertandingan persahabatan dengan pemilik akun Dewa Kipas, Dadang Subur, dapat mengakhiri polemik yang terjadi belakangan ini.

Irene Kharisma Sukandar yang adalah Grandmaster catur, menang atas Dewa Kipas atau Dandang Subur pada permainan dengan diadakan pada Senin, 22 Maret 2021 silam. Bukan tanpa sebab, Irene sebutkan bahwa ia pas dipercaya oleh bervariasi organisasi dunia catur. Sehingga, Irene Sukandar merasa wajar aja untuk angkat perkataan soal kasus Dewa Kipas. Hadiah total Rp 300 juta dengan Rp 200 juta untuk pemenang dan Rp 100 juta untuk dengan kalah yang diberikan secara tunai itu merupakan hadiah pertentangan catur dengan nominal paling besar di Nusantara.

Dadang pertama-tama mengenal suguhan catur ketika menyetubuhi sekolah menengah perdana. Ia belajar berperan catur secara otodidak dari buku-buku skema catur. Ia pula biar kerap mempraktikkan ilmunya dengan meladeni manusia dewasa yang mengajaknya bermain catur. Harapannya, dengan seluruh pencapaian tersebut, Samantha siap berburu gelar IM untuk meraih grand master wanita.