Kebaikan Dibalas Kejahatan

Tentu saja itu tidak dapat terlaksana tanpa perundingan yang tulus dan bijaksana. Maka Gereja juga menyesalkan diskrimanasi antara kaum beriman dan kaum tak beriman, yang secara tidak adil diberlakukan oleh beberapa pemimpin negara, yang tidak mengakui hak-hak asasi pribadi manusia. Adapun bagi Umat beriman Gereja sungguh-sungguh menghendaki kebebasan yang efektif, supaya mereka diizinkan juga untuk mendirikan kenisah Allah di dunia ini. Dengan tulus hati Gereja mengundang kaum ateis, untuk mempertimbangkan Injil Kristus dengan hati terbuka. Alhamdulillah, saya terbebas dari rasa kesal dan sakit hati oleh cercaannya. Mungkin dia tidak paham, bahwa perbuatan baik apapun yang kita lakukan buat orang lain hendaknya bukan berdasarkan keinginan untuk dianggap baik oleh orang lain.

Menjadi orang yang selalu tulus dalam berbuat baik

Berlatihlah untuk tulus dan berprasangka baik pada Tuhan dalam berdoa. Bahkan, dalam menjalankan semua ibadah, termasuk tatkala berbuat kebajikan, pastikan untuk berlaku tanpa pamrih. Dari sini, akhlak yang baik menjadi penentu kemuliaan seseorang, walaupun ia berasal dari keluarga sederhana, akan mampu mengalahkan keturunan raja. Yang diharapkan saat ini adalah peran orang yang pintar dan akhlaknya benar, bukan orang yang pintar tapi akhlaknya tak benar, karena ia akan membikin onar, sehingga masyarakat menjadi gempar. Alasannya adalah orang yang berakhlak baik akan selalu berusaha menahan dirinya agar tak berbuat sesuatu yang dilarang, sedangkan nafsu dalam dirinya selalu mengajak untuk berbuat yang terlarang.

Ketika di awal usaha kita, kita tidak mendapatkan hasil yang kita inginkan, bahkan gagal mendapatkannya, bisa jadi Allah punya rencana bagi kita untuk memilih usaha lain yang akan mendatangkan hasil yang lebih baik. Kegagalan merupakan langkah untuk mencapai kesuksesan, jika kita terus berusaha dan berdoa. Ketika seorang wanita belum mendapatkan jodohnya karena berbagai hambatan, boleh jadi Allah telah menetapkan jodoh yang lebih baik untuk mendampinginya. Ketika seseorang terus ditolak ketika mencari lowongan pekerjaan, boleh jadi Allah telah memilihkan pekerjaan yang lebih baik untuk dia.

Harus WNA. Saya, dimintanya untuk menasihati ustadz itu tentang hal ini. Memang masih ada WNA yang merasa lebih superior dari orang Indonesia. Tapi, soal kejelekan orang lain yang diceritakannya dan harus saya ceritakan lagi kepada seseorang? Biasanya, bila kamu menolong orang lain tidak dengan sepenuh hati kemungkinan kamu akan menggunakan kebaikanmu sebagai ‘senjata’ untuk melawan orang yang kamu bantu saat berselisih dengannya. Nah, kamu sendiri mungkin pernah melakukannya kok karena senyum palsu ini adalah senyum dimana seseorang agak terpaksa untuk melakukannya dan tidak benar-benar tulus ingin tersenyum.

Sebuah sapaan yang menyenangkan biasanya akan diikuti dengan obrolan yang seru. Jangan berkecil hati jika di awal-awal Anda sulit melakukannya dan terkesan “garing”. Teruslah mencoba dalam setiap kesempatan dengan siapa saja yang Anda temui. Selama Anda sopan, orang lain juga akan senang menanggapi. Senyum tulus atau sebaliknya, semua dapat dirasakan dan dilihat oleh orang-orang di sekitar kita. Senyum tulus membuat orang lain ikut senang dan merasa nyaman.

Sebab, apapun yang Allah kehendaki, tentu Allah sudah ridho. Ikhlas jenis terakhir inilah ikhlas yang sangat dimuliakan. Semua perbuatan itu harus dijalankan dengan ikhlas, seperti dicontohkan Rasulullah yang selalu menghabiskan waktu malam untuk sujud dan ruku meminta ridho-Nya. Rasulullah mencontohkan Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 untuk tidak pernah lelah dalam melakukan sesuatu, karena ikhlas dalam menjalankannya. Kebaikan yang dilakukan terhadap orang lain itu sebetulnya bukan berbuat baik kepada mereka, karena pada dasarnya siapapun yang berbuat baik kepada orang lain itu ia sedang berbuat baik kepada dirinya sendiri.

Comments are Disabled